top of page

Aplikasi Kalender Mac Membisu-membisu Menambang Uang Virtual


Berita Blockchain - Script atau malware penambang mata uang virtual (cryptominer) yang menyita sumber tenaga perangkat secara membisu-membisu sering ditemukan di website-website dunia maya dan aplikasi mobile yang diwujudkan untuk menjebak pengguna. Ini hal serupa ditemukan pula di aplikasi kalender untuk platform komputer Mac bernama Calendar 2 yang menyisipkan cryptominer untuk Monero, mata uang virtual sebangsa bitcoin.

Sang pembuat aplikasi sesungguhnya semenjak permulaan telah menjelaskan niatnya menggunakan komputer pengguna untuk menambang uang virtual sebagai salah satu alternatif pembayaran untuk mengaktifkan segala fitur di aplikasi freemiun hal yang demikian. Cuma saja, ternyata ada bug yang menyebabkan kesibukan cryptomining tak dapat stop demikian itu dikerjakan. Kesudahannya, komputer pengguna Calendar 2 bahkan dapat mendadak lemot dengan angka penggunaan CPU yang menjulang tinggi.

“Calendar 2 untuk Mac (dari App Store) melaksanakan penambang cryptocurrency tanpa izin. CPU komputer terpakai sampai 200 persen sampai aku dapatkan aplikasi hal yang demikian dan mematikannya,” keluh seorang pengguna di Twitter. Pihak Apple dilaporkan tidak menjawab e-mail seputar kelakuan aplikasi Calender 2 yang dilayangkan oleh ArsTechnica. Dalam waktu 24 jam sesudah dikirim, aplikasi itu masih dapat diunduh dari kios aplikasi Mac dan belum ditindak oleh Apple,

Di sisi lain, pihak developer pembuat Calendar 2, Qbix, mengatakan bahwa penambangan mata uang virtual non-berhenti yang dijalankan oleh aplikasinya yaitu dampak dari kekeliruan program (bug). Sesudah dibanjiri keluhan dan kritik dari para penggunanya, Qbix menetapkan untuk menghapus fitur pembayaran dengan cryptominer dalam versi selanjutnya dari Calendar 2.

Sumber : Coin Daily


Who's Behind The Blog
Recommanded Reading
Search By Tags
No tags yet.
Follow "THIS JUST IN"
  • Facebook Basic Black
  • Twitter Basic Black
  • Google+ Basic Black
bottom of page