top of page

Laptop tiba-tiba panas saat digunakan? Begini solusi mengatasinya

Cari laptop Murah – bagi beberapa orang yang sering menggunakan laptop dalam berbagai aktifitas tentunya pernah mengalami masalah laptop yang tiba-tiba menjadi panas. Secara umum laptop yang panas sebenarnya masih dalam kategori normal akibat penggunaan beberapa aplikasi yang dijalankan. Akan tetapi, bila panas yang dihasilkan sudah semakin tinggi dan lama maka dapat dipastikan ada sesuatu yang salah pada laptop anda.

Overheat atau kelebihan panas yang terjadi pada laptop anda dapat mengakibatkan berbagai dampak. Salah satunya adalah laptop yang sering mengulah dengan melakuakan restart sendiri, bahkan hingga yang terparah yakni menyebabkan prosesor yang mati. Untuk menanggulangi laptop yang sering Overheat, Shopite memiliki beberapa tips singkat yang bisa anda coba lakukan, antara lain:

Memastikan sirkulasi udara

Bila laptop anda sering mengalami overheat atau kelebihan panas, maka bisa jadi ada penyempitan atau tertutupnya saluran udara pada laptop. Hal ini bisa disebabkan karena anda menaruh laptop ditempat yang pengap seperti diatas kasur atau bantal. Untuk itu, hindari menggunakan laptop dengan cara meletakkannya diatas kasur atau bantal. Sebaiknya anda menggunakannya di atas meja dan akan lebih baik bila menggunakan Cooling Fan (kipas tambahan), untuk meminimalisir kemungkinan overheat.

Secara rutin periksa heatsink dan kipas laptop

Setiap laptop memiliki perangkat pendingin yang berupa sebuah kipas yang secara otomatis akan menyala bila laptop juga dinyalakan. Pemakaian kipas tersebut tentunya akan menumpuk debu yang semakin banyak. Maka daripada itu, biasakan rutin untuk memeriksa serta membersihkan kipas serta bagian heatsink dari laptop, dan jangan lupa beri sedikit pelumas agar tahan lama.

Menambahkan sebuah Thermal Pasta

Laptop yang sering digunakan tentunya akan memacu kinerja dari sebuah prosesor, yang nantinya akan membuatnya semakin panas. Bila terus menerus dilanjutkan maka lapisan termal pasta yang ada pada prosesor lambat laun menjadi kering. Thermal paste sendiri merupakan sebuah penghantara panas untuk keluar dari sebuah chip prosesor. Jadi, lakukanlah penambahan Thermal Paste dalam kurun waktu tertentu .

Beri waktu laptop untuk beristirahat

Setiap mesin ataupun perangkat elektronik, bila digunakan secara terus menerus tentunya akan mengalami kerusakan. Dalam penggunaan laptop, biasanya ini terjadi bila penggunanya kerap memaminkan sebuah games, edit foto dan video, atau sekedar bermain internet. Bila anda merasa telah menggunakan laptop selama berjam-jam lamanya, ada baiknya untuk mengistirahatkan sejenak laptop tersebut dan mematikan nya setidaknya 30 menit sebelum kembali digunakan.

Demikianlah beberapa tips yang dapat anda coba bila laptop anda mengalami overheat. Untuk informasi lainnya mengenai berbagai hal tentang laptop, komputer, dan jaringan, silahkan kunjungi Shopite.id. bagi yang cari laptop murah dan ingin tau harga server serta berbagai produk lainnya juga bisa dilihat di Shopite.id. Sumber shopite.id


Who's Behind The Blog
Recommanded Reading
Search By Tags
No tags yet.
Follow "THIS JUST IN"
  • Facebook Basic Black
  • Twitter Basic Black
  • Google+ Basic Black
bottom of page