top of page

DIY: Membuat Dinding Agenda Di dalam kelas


Cetak Sticky Note - Dinding agenda ini merupakan pengingat mengenai event yang terjadi dalam satu tahun di dalam kelas. Dinding Agenda ini berfungsi untuk mempermudah baik Anda sebagai guru ataupun murid-murid untuk mengetahui apa kegiatan terdekat yang bisa dilakukan bersama di dalam kelas. Untuk mengingatnya, Anda cukup menempelkan kapan kegiatan tersebut akan berlangsung dan apa jenis kegiatan tersebut. Waktu-waktu penting seperti ujian, perpisahan, pembagian raport, classmeeting atau kegiatan lainnya yang tidak boleh terlupakan.


Apa yang Anda butuhkan:

  1. Sebuah dinding dengan ukuran yang cukup besar. Bisa juga menggunakan papan tulis.

  2. Karton berwarna gelap

  3. Beri garis pada dinding sebagai pembeda antara event satu dengan yang lainnya.

Yang Anda harus lakukan:

  1. Tempelkan karton pada dinding

  2. Gunakan penggaris untuk membaginya menjadi 2; semester genap dan ganjil

  3. Jika dimungkinakan, buatlah murid membawa masing-masing kursi mereka untuk berkumpul didekat dengan dinding

  4. Distribusikan sticky notes dan penggaris

Aktivitas:

And aharus menelaskan bahwa Anda akan membuat sebuah dinding untuk mengingat event-event yang akan terjadi dalam stau tahun. Murid dapat menuliskan atau menggambar beberapa gambaran sederhana didalam sticky notes. Satu murid harus menuliskan satu ide pada satu sticky notes.


Setelah itu, jelaskan kepada murid mengenai apa saja yang akan terjadi pada satu tahun tersebut. Sebagai contoh ketika awal tahun pelajaran, tuliskan jadwal ujian tengah semester. Setelahnya, tanyakan pada murid apa yang harus dilakukan sebelum atau setelah ujian tengah semester tersebut. Ide inilah yang akan ditempel pada dinding. Buatlah sebuah timeline. Dari awal tahun pelajaran, ujian tengah semester, ujian akhir semester, classmeeting. Jika ada lomba-lomba yang bisa diikuti oleh murid, maka tuliskan juga jadwal lomba tersebut untuk mengingatkan masing-masing murid.


Agar lebih menarik, libatkan murid-murid untuk menghias agenda tersebut. Anda dapat menyediakan sticker, spidol ataupun krayon. Jika Anda kekurangan tempat untuk menggambarnya, Anda dapat menambahnya dengan cetak sticky note dengan berbagai ukuran, bentuk dan warna.



Who's Behind The Blog
Recommanded Reading
Search By Tags
No tags yet.
Follow "THIS JUST IN"
  • Facebook Basic Black
  • Twitter Basic Black
  • Google+ Basic Black
bottom of page