top of page

Lebih Bagus Mana Buat Kesehatan, Air Dingin Atau Air Panas?


Water Treatment - Anda tentunya pernah mendengar beberapa orang meyakini bahwa minum air dalam keadaan dingin dapat menyebabkan kegemukan. Mitos ini memang sudah lama dikenal masyarakat khususnya di Indonesia, bahkan telah mengakar sejak dari zaman orang tua dulu. Akan tetapi, apakah mitos minum air dingin penyebab kegemukan tersebut memang benar adanya? Mari kita ulas secara singkat berikut ini.

Memang, sejak dahulu masyarakat awam pasti selalu mengkaitkan air minum dalam keadaan dingin sangat berpotensi untuk menyebabkan berbagai penyakit seperti kegemukan (obesitas), panas dalam dan flu, atau juga radang tenggorokan. Di lain sisi, orang-orang yang memiliki paham akan mitos ini lebih menyarankan untuk minum air yang bersuhu sedang untuk dapat menghangatkan tubuh dan menjaga kekebalan tubuh. Dan sekarang mari kita tanya pendapat para ahli mengenai benar tidaknya mitos mengenai suhu air minum ini.

Dokter Ani Sri Sukmaniah Msc, SpGK, Dokter Spesialis Gizi Klinik Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia mengungkapkan, bahwa suhu dari air minum sebenarnya tidak mempengaruhi tubuh terlalu banyak. Akan tetapi, disarankan bagi masyarakat untuk meminum air sesuai dengan suhu lingkungan atau ruangan saat kita minum terebut.

Dokter Ani juga menambahkan bahwa ketika ingin menghilangkan dahaga secara maksimal maka hendaknya minumlah air putih sesuai dengan suhu tubuh dan suhu ruangan ketika akan minum. Sebagai contoh, pada saat cuaca panas maka tubuh akan menjadi berkeringat , maka pada saat itu anda boleh minum air dengan suhu maksimal 5 derajat celcius.

Bagaimana dengan aktifitas setelah berolahraga, apakah lebih bagus minum air dingin atau air hangat? Dokter Ani menyatakan bahwa minum air yang lebih dingin dapat menurunkan suhu tubuh yang panas dan berkeringat setelah berolahraga, karena air minum dengan suhu yang hangat kurang dapat mengganti cairan sesaat sesudah berolahraga.

Yang terpenting bukan mengenai suhu dari air tersebut, melainkan kadar minum air cukup dalam seharinya untuk mencegah terjadi nya dehidrasi. Selain itu, penggunaan air yang jernih, dan sehat dengan menggunakan Filter Air dari Water Treatment juga dapat meningkatkan ketahanan tubuh dan bebas dari berbagai penyakit.


Who's Behind The Blog
Recommanded Reading
Search By Tags
No tags yet.
Follow "THIS JUST IN"
  • Facebook Basic Black
  • Twitter Basic Black
  • Google+ Basic Black
bottom of page