top of page

Cara Kerja Genset menghasilkan energi

Ada beberapa orang yang masih belum tahu bagaimana cara kerja sebuah genset sehingga bisa menghasilkan tenaga listrik saat listrik dari PLN dipadamkan, genset menjadi alat cadangan untuk kebutuhan listrik saat keadaan terdesak, dengan menggunakan genset dapat membantu melanjutkan aktivitas saat listrik dipadamkan, genset berguna sebagai listrik cadangan, tapi bagaimana cara kerja genset sendiri ? Genset atau Generator Set dapat mengubah tenaga mekanis menjadi tenaga listrik melalui proses induksi elektromagnetik. Generator ini memperoleh energi mekanis dari prime mover.

Generator arus bolak-balik (AC) dikenal dengan sebutan alternator. Generator didesain untuk mampu mensuplai tenaga listrik ketika terjadi gangguan, yang kemudian suplai tersebut digunakan untuk beban prioritas. Cara utama agar dapat menghasilkan listrik yaitu harus ada perubahan fluks magnetik, jika tidak ada maka tidakan pernah terjadi timbulnya listrik .untuk cara mengubah fluks magnetik yaitu dengan melalui menggerakkan magnet dalam kumparan atau sebeliknya dengan energi dari sumber lain , seperti angin dan air yg memutar baling baling turbin untuk menggerakkan magnet tersbut.

Genset (generator set) biasa digunakan untuk menghasilkan daya listrik alternatif, seperti ketika suplai pasokan daya listrik dari industri pembangkit listrik padam/off, atau keadaan dimana tidak ada pasokan jaringan listrik di daerah tersebut, atau juga biasa digunakan ketika diperlukan daya listrik tambahan.

Itu dia cara kerja genset dan kegunaanya, sangat membantu bagi anda yang memiliki sebuah perusahaan, atau sebuah usaha untuk menjaga aktivitas usaha anda tetap berjalan, dengan adanya listrik cadangan tidak ada lagi aktivitas yang terhenti karena pemadaman listrik, anda bisa mencari genset murah maupun yang mahal sekali pun, saat ini sudah banyak yang menjual genset di toko maupun secara online. Sumber: hartech.co.id


Who's Behind The Blog
Recommanded Reading
Search By Tags
No tags yet.
Follow "THIS JUST IN"
  • Facebook Basic Black
  • Twitter Basic Black
  • Google+ Basic Black
bottom of page