top of page

Brainstorming Ide Kreatif Dengan Sticky Note



Metode brainstorming banyak digunakan karena dipercaya sebagai metode yang paling efektif untuk menemukan solusi pada suatu masalah. Metode brainstorming merupakan suatu metode yang dilaksanakan ditengah-tengah rapat dengan melontarkan suatu masalah, lalu seluruh angggota brainstorming menyatakan pendapat atau komentar sehingga mendapatkan ide-ide yang baru untuk menyelesaikan suatu masalah tersebut. Brainstorming adalah salah satu cara untuk mendapatkan banyak ide dari sekelompok individu dalam waktu yang singkat.


Langkah 1

Rapat akan berjalan dengan sempurna dengan adanya seorang moderator rapat atau pemimpin rapat. Pemimpin rapatlah yang akan mengatur waktu, menjelaskan masalah dan menampung ide-ide dari setiap anggota rapat.

Langkah 2

Kemukakan masalah yang ada dalam organisasi dan tulis dalam sebuah papan tulis ruang rapat. Jika Anda tidak berada didalam ruang rapat, Anda dapat menggunakan apapun, namun pastikan bahwa setiap anggota mengetahui apa pokok masalahnya. Sebuah masalah haruslah berdasarkan sudut pandang dari seorang client atau buyer, bukan dari sudut pandang organisasi.

Langkah 3

Siapkan satu beberapa tumpuk sticky notes kepada masing-masing anggota. Didalam sebuah rapat, biasanya aka nada orang yang hanya akan memberikan anggukan terhadap semua ide yang terlontarkan. Sticky notes disini berfungsi sebagai media para anggota untuk menuliskan ide-idenya. Memberi anggota sedikit sticky notes hanya akan membuat mereka terbatas dalam menuliskan ide-ide tersebut. Tuliskan hanya satu ide pada satu sticky notes.

Langkah 4

Baik moderator ataupun anggota harus menuliskannya pada sticky notes. Moderator disini juga bertugas untuk menentukan berapa lama peserta rapat harus menuliskan ide-ide untuk menjadi solusi untuk masalah yang sudah dituliskan pada langkah awal tadi.

Langkah 5

Sebelum menempelkan sticky notes, pastikan setiap anggota membacakan ide-ide yang telah tertulis. Masing-masing dari setiap anggota harus mengutarakan idenya, sehingga tidak ada satupun yang mendominasi.


Proses mengumpulkan sticky notes:

  1. Tunjuk satu orang untuk mengemukakan idenya, setelah itu moderator menempelkan sticky notes pada papan yang sebelumnya telah ditulisi masalah.

  2. Tanyakan kepada anggota yang lain apakah memiliki ide yang sama. Jika Ada, taruh sticky notes tadi bersamaan dengan sticky notes yang pertama ditempel.

  3. Lakukan hal ini secara berulang hingga tidak ada sticky notes yang tersisa.

Beritahu setiap anggota bahwa nanti akan ada sesi untuk evaluasi, sehingga bagi mereka yang hendak memberikan komentar, bisa menunggu hingga sesi tersebut.

Langkah 6

Temukan ide final. Dari kumpulan ide-ide yang terkumpul, pasti ada beberapa ide yang dianggap brilian. Beri highlight pada ide tersebut. Pada saat ini, moderator juga dapat memberi sesi untuk memberikan komentar terhadap ide-ide tersebut

Langkah 7

Vote dan kritisi mengenai ide-ide yang terpilih. Pada saat ini, semua rangkuman mengenai rapat akan kembali dibacakan. Ide-ide yang telah ditulis jangan langsung disingkirkan, baiknya masuk kedalam notulen rapat, ide-ide tersebut bisa jadi akan menjadi solusi dilain waktu.





Who's Behind The Blog
Recommanded Reading
Search By Tags
No tags yet.
Follow "THIS JUST IN"
  • Facebook Basic Black
  • Twitter Basic Black
  • Google+ Basic Black
bottom of page