top of page

Pentingnya User Experience (UX) Bagi Perkembangan Bisnis Online


SEO Agency Jakarta - Dalam dunia digital marketing, salah satu yang menentukan kualitas serta kepadatan traffic dari suatu website adalah dengan memberikan sebuah pengalaman yang menarik bagi pengunjung anda untuk dapat kembali lagi mengunjungi sebuah laman website tersebut. akan tetapi pada praktiknya, masih banyak para penggiat bisnis online yang masih belum memperhatikan hal tersebut sehingga traffic yang dihasilkan tidak seperti yang diharapkan. Lantas d

Memahami faktor Pengalaman pengguna atau User Experience (UX) bagi bisnis online anda dapat dikatakan sebagai salah satu modal awal dalam mengembangkan sebuah laman web bisnis. Anda harus ingat,bahwa faktor utama untuk melakukan optimasi conversion rate yang bagus dan berjalan mulus pada bisnis online adalah dengan menggiring pengguna untuk singgah pada laman website anda yang nantinya akan menjadi pelanggan.

Dan berikut adalah beberapa fakta yang menyatakan bahwa User Experience itu amat penting dalam mengembangkan sebuah bisnis online berdasarkan survey dari Experience Dynamics

  • 79 persen pengguna akan meninggalkan laman website dan memilih situs lain bila tidak mengoptimalkan konten website

  • 96 persen pengguna smartphone mengaku kecewa karena beberapa situs yang tidak dirancang untuk perangkat mobile

  • Sedangkan 48 persen pengguna merasa kesal dan terganggu bila sebuah situs yang buruk justru ada di perangkat mobile

  • 71 persen online publishers mengaku bahwa aplikasi mobile yang dirancang dengan apik akan meningkatkan keterlibatan pengguna secara signifikan

  • 63 persen pengguna melakukan pencarian melalui perangkat smartphone, tablets, PC, dan lain sebagainya untuk menemukan bisnis online lokal.

  • 95 persen pelanggan setuju dengan pernyataan bahwa “pengalaman pengguna terbaik adalah menampilkan sesuatu yang masuk akal”

Dan dalam membentuk sebuah User Experience yang baik, anda harus memahami beberapa elemen penting dibawah ini sebagai acuan, antara lain:

The First Impressions

Dari mata turun ke hati, sepertinya kiasan tersebut juga cocok dalam membangun sebuah bisnis online anda. karena pada dasarnya tampilan website lah yang akan pertama kali dilihat pengunjung. Jadi bila anda tidak merubah tampilan website anda menjadi lebih menarik, jangan harap para pengunjung akan mengingat website anda. jadi, mulailah dari sekarang berfikir kreatif dalam menciptakan sebuah tampilan website e-commerce yang menarik. Jangan membuat desain yang terlalu rumit, dan membuat pengunjung bosan, usahakan buat sebuah desain yang simple namun mudah diingat. Serta buatlah sebuah titik fokus bagi pengunjung tentang apa yang anda tawarkan, sehingga mereka tidak perlu berpikir untuk melihat website lain. Bila semua sudah anda jalankan, maka anda akan mendapatkan pelanggan hanya dari pertama kali mereka melihat.

Selalu Beri Pilihan Lain

Beri kebebasan pengunjung untuk memilih sesuai selera mereka. Seperti misalnya sebuah produk yang anda tawarkan sama namun berbeda ukuran, warna, harga, spesifikasi, dan lain-lain. dengan begitu, pengunjung akan diberi sebuah pengalaman untuk menentukan pilihan yang terbaik bagi dirinya. Selain itu, usahakan juga membuat sebuah pilihan yang tergabung dalam sebuah grid sehingga pengunjung tidak perlu repot membuang-buang waktu mereka untuk melihat halaman lain untuk pilihan koleksi lainnya.

Belanja cepat dan aman

Dalam dunia jual beli online, semua pembeli pasti menginginkan sebuah proses checkout yang aman, akan tetapi banyak para e- commerce yang luput bahwa para pembeli juga ingin semua proses selesai dengan cepat. Untuk itu, anda bisa meningkatkan kualitas pengalaman pengguna website anda dengan selalu memprioritaskan proses yang aman dan cepat. Salah satu langkah awalnya adalah dengan pemilihan hosting yang jelas dan pasti, serta platform e-commerce yang telah terpercaya. Bila anda sudah memprioritaskan kedua hal tadi, maka anda tinggal menunggu pelanggan tersebut akan membeli produk anda lagi untuk kesekian kalinya.

Manjakan Mata Pengunjung Dengan Kualitas Gambar Yang Jelas

Salah satu yang menjadi kelemahan dari bisnis e-commerce adalah calon pembeli yang tidak dapat melihat langsung dan merasakan barang yang akan dia beli, sehingga akan muncul keraguan. Untuk mengakali hal tersebut, anda bisa menampilkan sebuah foto yang jernih, jelas, dan detail. Anda bisa menyajikan foto yang banyak dari produk tersebut dari berbagai sudut secara relevan dengan kualitas yang jelas. Sekali lagi, pandangan awal pengunjung adalah segalanya!

Untuk mempermudah pemahaman mengenai User Experience (UX) ataupun berbagai metode lainnya untuk mengembangkan bisnis digital, anda bisa langsung mengunjungi NextDigital.co.id, yang merupakan sebuah Digital Agency , Advertising Agency Jakarta, serta Web Agency Indonesia terbaik dan berpengalaman yang akan membantu membawa bisnis digital anda berada di puncak kesuksesan.


Who's Behind The Blog
Recommanded Reading
Search By Tags
No tags yet.
Follow "THIS JUST IN"
  • Facebook Basic Black
  • Twitter Basic Black
  • Google+ Basic Black
bottom of page