top of page

Perbedaan jaringan lokal client-server dan peer-to-peer secara umum


Secara umum, Server adalah sebuah unit komputer yang mampu menyediakan berbagai fasilitas dan layanan untuk komputer lainnya di dalam jaringan tersebut. jadi bisa dikatakan bahwa Server adalah induk komputer dari seluruh jaringan yang ada. Sementara client sendiri adalah komputer-komputer lain selain server yang terdapat didalam jaringan yang secara langsung mendapatkan fasilitas langsung dari server.

Jaringan Client-Server

Untuk jaringan jenis ini juga sering disebut dengan Dedicated Server, karena pada dasarnya Server hanya memainkan satu peran saja tanpa fasilitas lain. pada jaringan Client-Server server menyediakan berbagai fasilitas kepada workstation. Dan untuk jaringan jenis ini ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki, antara lain:

Kelebihan

1. Kecepatan akses lebih tinggi, karena melalui jaringan ini, semua fasilitas di tangani dan dikelola oleh satu komputer saja secara khusus yakni Server itu sendiri.

2. Sistem keamanan dan administrasi jaringan lebih baik, karena adanya sebuah unit komputer lain yang bertugas sebagai administrator jaringan.

3. Sistem backup data lebih baik, karena Pada jaringan ini semua backup dilakukan dan terpusat hanya pada server terhadap seluruh jaringan.

Kekurangan

1. Memerlukan biaya yang lumayan mahal

2. Pada jaringan ini diharuskan memiliki 1 unit komputer secara khusu dengan kemampuan lebih canggih bila dibandingkan dengan yang lainnya.

3. seluruh jaringan sangat tergantung pada server

B. Jaringan Peer To Peer

Berbanding terbalik dengan Client-Server, tipe peer-to-peer ini tidak menjadi peran sentral dari jaringan, akan tetapi juga berperan sebagai workstation. Server pada jaringan peer-to-peer ini biasa disebut dengan non-dedicated Server

Keunggulan

1. Setiap komputer yang ada didalam jaringan akan mampu berbagi fasilitas secara keseluruhan, baik itu drive, harddisk, modem, dan lain-lain.

2. Hanya memerlukan biaya yang terbilang sedikit.

3.Jaringan tidak secara keseluruhan bergantung pada server, sehingga tidak akan mempengaruhi jaringan.

Kelemahan

1.Karena semuanya saling terhubung, akan sedikit sulit mengatasi Troubleshooting

2. Cara kerja yang lebih rendah bila dibandingkan dengan tipe Client-Server

3. tiap tiap user akan mengatur keamaan komputernya sendiri.

Demikianlah informasi mengenai perbedaan beberapa jaringan lokal. Untuk berbagai informasi menarik lainnya mengenai CDN, jual otb, harga rack server, atau lainnya bisa langsung mengunjungi Indofortech.com


Who's Behind The Blog
Recommanded Reading
Search By Tags
No tags yet.
Follow "THIS JUST IN"
  • Facebook Basic Black
  • Twitter Basic Black
  • Google+ Basic Black
bottom of page