top of page

Pengaruh CDN terhadap Website Bisnis di Indonesia


CDN atau Content Delivery Network adalah suatu metode atau suatu cara untuk menggandakan berbagai isi dari halaman website yang kemudian diletakkan di berbagai server di seluruh dunia agar lebih mudah diakses oleh beberapa negara terdekat dari server. Karena pada dasarnya, bila ada seseorang yang mengakses atau mengunjungi sebuah situs website, maka prosesnya harus terlebih dahulu melalui server terdekat dari lokasi tempat dia mengakses. Hal ini bertujuan untuk mempercepat proses akses website, karena bila website yang diakses jaraknya cukup jauh dan tidak menggunakan server, maka tentunya akang mengalami proses akses yang lambat dan memakan waktu yang lama.

Lantas, apakah dengan menggunakan CDN akan membantu sebuah website untuk berkembang?

Secara umum, sebuah website yang digunakan untuk bisnis hendaknya harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana segmentasi dan pasar dari pelanggan yang akan dituju, karena pada dasarnya sebuah bisnis harus dijalanin secara spesifik, dan ter fokus pada suatu daerah tertentu, atau bahkan negara tertentu. Dan yang sering kali jadi masalah adalah, anda memiliki misi untuk menjangkau pasar internasional namun karena cakupannya yang terlalu luas justru anda tidak menjangkau apapun. Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa suatu website bisnis hendaknya harus memiliki target yang jelas, sehingga memiliki fokus terhadap jangkauan dari salah satu server tertentu saja.

Bagi anda yang berniat untuk membentuk sebuah website bisnis dengan pasar di Indonesia, maka server yang terdekat berada di Singapura. Sayangnya, layanan server CDN untuk saat ini masih belum ada di Indonesia. Itulah mengapa bila kita mengakses website luar negeri akan membutuhkan waktu sedikit lebih lama, karena kita digiring menuju server yang berada di Singapura.

Jadi penggunaan CDN sebenarnya memiliki sebuah kelebihan dan kekurangan. Jadi bagi anda yang yang memiliki usaha multi-nasional sebaiknya menggunakan CDN, namun apabila masih berada di pasar Indonesia saja lebih baik menggunakan hosting server Indonesia.

Untuk informasi selengkapnya mengenai CDN atau sistem jaringan, anda bisa langsung mengunjungi indofortech.com untuk solusi terbaik anda.


Who's Behind The Blog
Recommanded Reading
Search By Tags
No tags yet.
Follow "THIS JUST IN"
  • Facebook Basic Black
  • Twitter Basic Black
  • Google+ Basic Black
bottom of page