top of page

Penting, Inilah Takaran dan Aturan mengkonsumsi Air putih yang Sehat Untuk Putra Putri Anda


Air putih memang dikenal memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia, sehingga banyak para dokter dan ilmuwan yang menganjurkan untuk seseorang banyak mengkonsumsi air putih setiap harinya untuk menjaga kondisi tubuh tetap prima. Apalagi mengkonsumsi air putih yang sudah dilakukan water treatment dengan filter air, sehingga kandungan yang didapat lebih maksimal bagi tubuh. Begitupun dengan putra – putri anda yang masih dalam tahap tumbuh kembangnya.

Normalnya, putra putri anda mengkonsumi asupan air putih yang sehat dengan takaran 10 hingga 15 persen dari berat tubuh mereka untuk mengganti cairan yang sudah keluar melalui urine dan respiras (keringat) selama mereka beraktivitas. Akan tetapi, apakah dengan takaran normal tersebut putra-putri anda sudah sehat?

Melalui bukunya yang berjudul ‘Pentingnya Hidrasi Bagi Anak Usia Sekolah dan Remaja’, beberapa profesor dan ahli kesehatan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, menyimpulkan bahwa seorang anak dianjurkan untuk mendapatkan asupan air sesuai dengan kebutuhan metabolisme tubuhnya. Jadi, dapat dikatakan bahwa kebutuhan akan air putih yang sehat terhadap anak tersebut bervariasi. Namun secara umum, metabolisme anak didasari atas umur, berat badan, hingga ketahanan fisiknya terhadap lingkungan.

Didalam buku tersebut, para ahli juga mengatakan bahwa tidak semua Negara memiliki aturan yang sama terhadap batasan mengkonsumsi air putih dalam sehari. Sebagai contoh, European Hydration Institute menghimbau anak-anak usia 4 hingga 8 tahun untuk mendapatkan setidaknya 1,6 liter air putih per harinya.

Kemudian ada Inggris, yang memiliki patokan mengikuti Amerika Serikat yakni meminum setidaknya 0,9 liter per hari nya untuk anak 1 sampai 3 tahun, dan 1,2 liter air per harinya untuk umur 4 sampai 8 tahun, dan 1,6 – 1,8 liter per harinya untuk usia remaja yakni 9 sampai 13 tahun.

Sementara itu, untuk Indonesia sendiri telah disebutkan oleh Widyakarya Nasional Pangan dan Gizi pada tahun 2004 dan telah disempurnakan di tahun 2013 bahwa rata-rata anak Indonesia yang berusia 0,5 hingga 1 tahun disarankan mengkonsumsi air putih sehat sebanyak 800 mL, kemudian untuk usia 1 sampai 3 tahun, 1.200 mL, untuk usia 4 sampai 6 tahun 1.500 L, dan untuk usia 7 hingga 9 tahun disarankan mengkonsumsi 1.900 mL

Selain asupan air yang cukup, jangan lupa untuk memberikan putra-putri anda air minum yang sehat dan berkualitas dengan Water Treatment dari Hydromart seperti Filter air yang mampu menyaring berbagai macam bakteri penyebab penyakit. Sehingga aman dan nyaman untuk dikonsumsi putra-putri anda.


Who's Behind The Blog
Recommanded Reading
Search By Tags
No tags yet.
Follow "THIS JUST IN"
  • Facebook Basic Black
  • Twitter Basic Black
  • Google+ Basic Black
bottom of page