top of page

Mitos Es Balok Bagi kesehatan, Berbahayakah?


Di tengah suasana dan cuaca yang panas, sungguh sangat menyegarkan bila mengkonsumsi minuman dingin seperti es jeruk, es kelapa, atau bahkan sekedar es teh manis. bila anda sekedar singgah ke warung-warung kecil untuk sekedar menikmati minuman tersebut, sepertinya mulai sekarang anda harus berhati-hati. Pasalnya, kebanyakan warung yang menyajikan minuman dingin dan segar sering menggunakan es batu yang tak jarang terbuat dari air mentah yang berasal dari sungai atau bahkan air keran. Bila secara terus menerus anda mengkonsumsi minuman seperti itu, tentunya akan mengganggu kesehatan anda, apalagi dalam jangka panjang.

Bila anda minum di warung yang menyediakan es kristal mungkin anda dapat sedikit bernafas lega, karna es kristal terjadi akibat air yang sudah matang. Akan tetapi bagaimana dengan es balok yang justru lebih sering digunakan karna lebih murah?. Dapat dikatakan bahwa sebagian besar es balok terbuat dari air mentah atau bahkan air sungai karena beberapa produsen mengatakan bahwa menggunakan air keran atau air PAM lebih memakan biaya. Dan tak jarang setelahnya para produsen es balok tersebut menggunakan kaporit untuk menjernihkan tampilan air.

Mungkin anda akan dengan segara menuduh para produsen es balok melakukan tindakan yang salah. kan tetapi justru para produsen es balok bukan membuat es balok untuk dikonsumsi, melainkan untuk mengawetkan makanan seperti Ikan, daging. Ataupun sayur. Justru malah para pemilik warung-warung yang sedikit ‘nakal’ mengganti es balok untuk dikonsumsi.

Berbicara kembali tentang bahaya dan penyakit, es balok sendiri yang terbuat dari air mentah tentunya dapat dipastikan mengandung banyak sekali bakteri jahat seperti E-Coli yang dapat mengakibatkan anda mengalami diare maupun muntaber. Jadi dengan kata lain, bila anda mengkonsumsi minuman es yang menggunakan balok es, berarti itu sama saja anda meminum air mentah. Apalagi bila dikonsumsi oleh anak-anak yang justru memiliki daya tahan tubuh yang lebih rendah, maka akan segera mengakibatkan berbagai penyakit.

Untuk itu disarankan agar anda dan keluarga lebih waspada terhadap kesehatan apa yang anda minum. Selalu usahakan minum dan konsumsi air steril yang memang telah jelas kebersihan dan tingkat higienisnya. Untuk mendapatkan kualitas air yang lebih baik lagi, anda bisa menggunakan berbagai water treatment seperti Filter air dari Hydromart.co.id yang sudah teruji secara ilmliah tingkat higienisnya untuk anda dan keluarga.


Who's Behind The Blog
Recommanded Reading
Search By Tags
No tags yet.
Follow "THIS JUST IN"
  • Facebook Basic Black
  • Twitter Basic Black
  • Google+ Basic Black
bottom of page