top of page

Pengiriman data yang lebih cepat dan lebih besar menggunakan Fiber Optic


Tidak bisa dipungkiri setiap tahunnya perkembangan teknologi semakin pesat. Seiring dengan itu manusia membutuhkan komunikasi yang serba cepat dan tepat untuk terus mendapatkan informasi atau saling bertukar informasi, untuk itu hadir teknologi kabel Fiber Optic guna memenuhi kebutuhan media transmisi dengan kapasitas kecepatan serta bandwidth yang jauh lebih besar.

Di Indonesia sendiri, penggunaan kabel Fiber Optik sudah banyak digunakan oleh para operator telekomunikasi untuk dapat mengembangkan dan menyebarkan jaringannya ke seluruh penjuru negeri, dimulai dari dalam ibukota, hingga penggunaan kabel yang ditanam di dalam laut (submarine cable) untuk menjangkau pulau-pulau lainnya.

Di lain sisi, sekarang juga sudah banyak kantor-kantor yang menggunakan kabel fiber optik sebagai transmisi dari perangkat switch ke switch, ataupun dari switch menuju ke router. Hal ini didasari atas kemampuan kabel fibre optik untuk menghandle bandwidth yang besar.

Lantas, apakah itu fiber optic?

Bila dulu pengiriman data yang paling cepat masih menggunakan kabel berbahan tembaga dan dengan menggunakan sinyal listrik, Kabel fiber optic justru sebuah kabel berbahan dasar kaca halus atau serat optik yang mampu menghantarkan sebuah informasi data melalui bentuk cahaya. Karena seperti yang kita ketahui, cahaya adalah zat yang paling cepat di dunia.

Serat kaca yang terdapat pada kabel fiber optic tersebut biasanya memiliki ukuran yang terbilang sangat kecil dan halus, bahkan lebih tipis dari sehelai rambut. Sementara itu, sumber cahaya yang digunakan biasanya melalui sinar cahaya LED atau laser.

Jadi untuk diketahui, bahwa sekarang ini penggunaan jaringan telekomunikasi di Indonesia tidak sepenuhnya menggunakan satelit, melainkan dibantu dengan penggunaan kabel fiber optic. Begitu juga dengan instalasi CDN atau content distribution networkJadi kabel yang berada di pusat (jakarta) ditarik membentang dan melintasi berbagai pulau agar semua daerah mampu menerima sinyal yang baik dan jernih. Dan tidak hanya sampai disitu, seluruh dunia juga sudah menggunakan teknologi fiber optic ini yang memang dirasa lebih mudah dalam penggunaan sehari-harinya.

Untuk informasi selengkapnya bisa mengunjungi Indofortech.com selaku perusahaan yang bergerak dibidang telekomunikasi. Menyediakan berbagai produk yang berkaitan dengan teknologi telekomunikasi IT seperti kabel fiber optic, jual otb atau optical termination box dan berbagai produk lainnya. Bagi anda yang mencari harga rack server murah berkualitas juga bisa ditemukan disini.


Who's Behind The Blog
Recommanded Reading
Search By Tags
No tags yet.
Follow "THIS JUST IN"
  • Facebook Basic Black
  • Twitter Basic Black
  • Google+ Basic Black
bottom of page