top of page

Menghafal Dengan Mudah Melalui Cara Jitu




Banyak orang berkata bahwa sesuatu yang benar-benar dipelajari disekolah adalah bagaimana cara untuk menghafal dengan baik. Walaupun demikian, menghafal tidak hanya dilakukan oleh mereka yang masih belajar, namun dalam kegiatan sehari-haripun, Anda selalu dihadapkan dengan menghafal.

8 Cara dibawah ini akan menjelaskan bagaimana bisa menghafal dengan benar dan cepat.

Sebelum memulainya, kenali dahulu diri Anda sendiri, apakah Anda tipe orang kinestetik, audio, atau visual? Jika jawabannya audio, maka mendengarkan materi atau mengenai hal-hal yang perlu Anda ingat merupakan cara yang paling tepat.

  1. Persiapan

Mempersiapkan tempat untuk memperoleh kenyamanan saat Anda belajar mampu membuat Anda mengingat hal-hal dengan lebih efektif. Atur kembali kursi, meja atau materi yang hendak dipelajari. Persiapkan secangkir teh untuk membantu Anda konsentrasi dan rileks.

  1. Biasakan untuk merekam apapun yang bisa Anda hafal

Jika Anda merupakan seorang mahasiswa, usahakan untuk memiliki catatan. Jika Anda seorang audiotori, tentu saja merekamny dengan tape recorder atau handphone akan mempermudah Anda untuk mengingat materi.

  1. Tuliskan

Menulis adalah kegiatan yang paling efektif jika Anda merupakan tipe orang yang kinestetik. Memiliki catatan juga akan membantu Anda untuk belajar dibanding Anda membacanya dari buku teks pelajaran. Agar lebih menarik, Anda bisa menaruh sticky notes pada buku cetak Anda. Sticky notes dengan warna yang beragam akan membuat buku teks Anda semakin menarik.

  1. Pisahkan catatan

Memisahkan catatan akan berdampak baik bagi mereka yang visual. Pisahkan antara catatan, buku cetak atau tugas-tugas yang relevan dengan materi. Membuat catatan yang menarik akan sangat membantu Anda untuk mengingat. Untuk itu, ketika sedang mencatat, ada baiknya jika Anda membuat catatan Anda lebih menarik. Baik itu dengan cara memilih pena yang berwarna-warni, menempelkan sticky notes, atau yang lainnya.

  1. Ulangi

Bacalah materi secara berulang. Membaca berulang-ulang akan membuat Anda semakin mengingat materi. Pastikan juga Anda mengaitkan semua materi. Jangan mengingat sesuatu secara terpotong-potong. Jika Anda mengaitkan satu dengan yang lainnya, Anda akan langsung mengingat semuanya ketika Anda mengingat walaupun hanya beberapa bagiannya.

  1. Mencoba untuk menuliskan apa yang Anda dapat

Cobalah menulis kembali apa yang sudah Anda ingat. Hal ini akan membantu Anda dalam mengetahui sejauh mana Anda memahami sesuatu. Tambahkan sticky notes warna-warni, buatlah mind map agar Anda lebih mudah mengingat materi.

  1. Ajarkan kepada orang lain

Mengajarkan kepada orang lain tidaklah membuat Anda menjadi lebih bodoh. Justru sebaliknya, dengan mengajarkan orang lain, Anda akan menjadi lebih memahami materi Anda.

  1. Istirahat yang cukup

Ketika belajar, penting bagi Anda untuk mengambil beberapa menit untuk beristirahat. Biarkan otak Anda bernafas untuk sejenak, lalu lanjutkan kembali. Beberapa pakar bahkan menganjurkan untuk melakukan 50-10. Dimana Anda belajar selama 50 menit, lalu beristirahat selama 10 menit. Belajar semalaman suntuk tanpa istirahat tidaklah efektif. Tidur yang cukup akan membantu kinerja otak Anda. Buatlah list dan tempelkan pokok-pokok materi tersebut didekat meja belajar Anda. Sticky notes akan membantu Anda membuat list.




Who's Behind The Blog
Recommanded Reading
Search By Tags
No tags yet.
Follow "THIS JUST IN"
  • Facebook Basic Black
  • Twitter Basic Black
  • Google+ Basic Black
bottom of page