top of page

Cetakan hasil fotocopy sering tidak jelas, buram, dan bergaris? Ini solusinya!

Salah satu yang menjadi permasalahan bagi para pengusaha fotocopy , sewa fotocopy, ataupun sebuah kantor yang memiliki mesin fotocopy adalah kualitas gambar yang dihasilkan oleh mesin kerap kali terlihat buram dan tidak jelas. Tentunya hal tersebut akan sangat mengecewakan bagi para penggunanya, apalagi bila harus menduplikat dokumen – dokumen penting yang membutuhkan ketelitian tulisan didalamnya. Dan berikut adalah beberapa penyebab yang mengakibatkan hasil fotocopy menjadi buram dan tidak jelas, beserta solusi untuk memperbaikinya, antara lain:


Mesin Fotocopy yang sudah semakin tua.

Seiring dengan pemakaiannya, lama usia mesin fotocopy yang dimiliki sepertinya menjadi faktor utama terjadinya buram dan tidak jelasnya hasil cetakan. Tidak bisa dipungkiri bahwa setiap mesin elektronik, semakin lama akan semakin berkurang ketahanannya. Untuk itu, solusi yang tepat untuk menanggulangi masalah ini adalah dengan melakukan pengecekan secara berkala terhadap mesin fotocopy yang dimiliki. Kemudian jaga selalu mesin fotocopy dari setiap kemungkinan yang mungkin terjadi, seperti misalnya penempatan mesin ditempat yang tidak secara langsung terkena sinar matahari .


Penggunaan kertas yang lembab untuk fotocopy

Faktor lain yang dapat mempengaruhi buram atau tidaknya suatu hasil cetakan adalah pemakaian kertas yang lembab. Apabila stock kertas yang ada bersifat lembab, maka mesin juga tidak secara sempurna untuk melakukan pencetakan. Jadi, untuk menanggulangginya adalah dengan selalu melakukan pemanasan terlebih dahulu terhadap mesin fotocopy anda sebelum digunakan. Akan tetapi, bila membutuhkan waktu yang cepat, maka tak ada salahnya untuk mengganti stock kertas yang ada dengan yang baru.


Drum yang terasa Lembab atau Tidak Berfungsi

Untuk memastikannya, terlebih dahulu coba anda cek langsung pada bagian mesin drum apakah terasa lembab atau tidak. Cobalah untuk menyentuh drum tersebut dan rasakan suhu nya. Apabila suhu nya masih terasa hangat, maka drum tersebut tidak mengalami masalah akan tetapi bila sudah mulai terasa dingin maka bisa saja mesin fotocopy sudah mulai mengalami kerusakan. Solusi terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan jasa teknisi mesin fotocopy untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.


Kualitas Toner

Pemilihan toner yang tidak cocok dan sesuai dengan mesin fotocopy anda juga menjadi faktor yang menyebabkan hasil cetakan sering mengalami buram atau tidak jelas. Untuk itu disarankan menggunakan toner yang berkualitas dan memang cocok dengan mesin fotocopy yang dimiliki. Disarankan untuk menggunakan toner dengan kualitas terbaik seperti fuji xerox Kemudian, selain kualtias toner, masa pakai toner yang akan habis juga dapat mengakibatkan cetakan terasa buram dan bergaris.


Suhu Mesin

Tak jauh berbeda dengan drum tadi, pengecekan suhu pada mesin juga sangat penting untuk menjaga kualitas. Cobalah untuk selalu memanaskan mesin tersebut sekitar 5 sampai 10 menit sebelum digunakan. Hal ini juga bertujuan agar kertas stock yang ada tidak mengalami kelembaban. Dengan cara memanaskan mesin sebelum pemakaian, maka mesin fotocopy akan bekerja lebih optimal.



Semoga bermanfaat!


Who's Behind The Blog
Recommanded Reading
Search By Tags
No tags yet.
Follow "THIS JUST IN"
  • Facebook Basic Black
  • Twitter Basic Black
  • Google+ Basic Black
bottom of page