top of page

Ternyata di Indonesia Terdapat Desa Fotocopy



Tak banyak yang tahu bahwa ternyata ada satu wilayah di Indonesia ini yang kesemua masyarakatnya adalah pengusaha bisnis Fotocopy ataupun Sewa Fotocopy yang cukup sukses dan tersebar di beberapa kota besar di Indonesia. Adalah Desa Atar, Desa penghasil para pengusaha fotocopy. Atar sendiri adalah suatu desa yang berada di wilayah kabupaten Tanah Datar di Sumatera Barat.


Seperti yang kita ketahui, banyak wilayah di Indonesia ini yang dijuluki sebagai penghasil beberapa profesi tertentu, sebut saja Tegal yang sukses dengan Warung tegal nya atau Warteg dan tersebar di mana-mana khususnya Ibukota. Namun, untuk desa yang satu ini mungkin masih jarang atau banyak yang tidak tahu bahwa Atar adalah desa penghasil pengusaha Fotocopy, bahkan di desa ini didirikan tugu unik yang berbentuk mesin Fotocopy


Entah bagaimana mulanya Desa ini bisa menjadi penghasil para pengusaha bisnis dan Sewa Fotocopy di seluruh Indonesia. Sebut saja di Bandung, ada sekitar 50 persen para pengusaha Fotocopy yang berada di sekitaran kampus maupun perkantoran berasal dari desa Atar. Dan tak hanya itu, banyak dari mereka akhirnya yang sukses mendulang karir sehingga naik tingkat menjadi pemasok atau suplier bagi para pengusaha fotocopy yang lain, bahkan ada sampai yang melakukan bisnis export-import .


Sebenarnya bagi masyarakat Sumatera Barat, desa Atar yang menjadi penghasil para pengusaha fotocopy di seluruh Indonesia ini sudah tidak asing lagi bagi mereka. Hanya saja mungkin desa ini belum terexpose secara nasional oleh media saat ini. Walaupun belum jelas benar atau tidaknya asal-usul mengapa warga desa tersebut kebanyakan adalah pengusaha Fotocopy, namun sebagian masyarakat Sumatera Barat percaya bahwa itu mereka lakukan karena wilayah geografis desa tersebut yang berbukit-bukit sehingga susah untuk bercocok tanam, sehingga masyarakat wilayah tersebut harus memikirkan cara lain untuk bertahan hidup.


Hal menarik lainnya menurut masyarakat sekitar desa Atar tersebut adalah ketika momen pulang kampung atau mudik Lebaran. Banyak mobil-mobil bagus dan mewah berbondong-bondong mendatangi desa kecil tersebut. ya, itu adalah para pengusaha bisnis dan sewa fotocopy yang sukses kembali kekampung halamannya.





Who's Behind The Blog
Recommanded Reading
Search By Tags
No tags yet.
Follow "THIS JUST IN"
  • Facebook Basic Black
  • Twitter Basic Black
  • Google+ Basic Black
bottom of page