top of page

10 Tempat yang Harus di Kunjungi Saat Umrah

Saat anda sedang melaksanakan ibadah umrah di tanah suci dengan jasa travel, jangan lupa untuk mengunjungi beberapa tempat yang memiliki nilai sajarah dalam islam di sekitar kota Mekah dan Madinah karena biaya umrah yang bisa dibilang cukup mahal rasanya sayang sekali jika anda tidak mengunjungi tempat tempat bersejarah disana. Ini dia beberapa tempat yang harus anda kunjungi saat sedang melakukan ibadah umrah .

1. Bir Ali dan Tan’im

Bir Ali dan Tan’im adalah tempat untuk memulai ibadah umrah atau biasa disebut Miqot, dengan berpakaian ihram dan mengucapkan niat menjalankan ibadah umrah. Perbedaan keduanya, Bir Ali terletak di Kota Madinah dan menjadi tempat miqat bagi penduduk Madinah. Sementara Tan'im terletak di Mekah dan merupakan tempat miqat umrah bagi penduduk makkah.

2. Raudhoh

Radudhoh adalah salah satu ruangan di masjid nabawi yang terletak di antara kamar Nabi Muhammad SAW dan mimbar Banyak sekali jamaah yang memenuhi tempat ini karena mereka meyakini bahwa tempat ini adalah tempat yang paling makbul untuk memanjatkan doa.

3. Jabal Nur atau Gua Hira

Jabal nur adalah bukit yang diatasnya terdapat gua dimana Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertamanya yaitu gua Hira, wahyu pertama yang turun di gua ini adalah surat Al-‘Alaq ayat 1-5

4. Jabal Tsur

Jabal Tsur berada tidak jauh dari sebelah selatan Masjidil Haram. Untuk menuju kesana memerlukan pendakian selama satu setengah jam. Di gunung inilah Nabi Muhammad SAW dan Abu Bakar As-Siddiq bersembunyi dari kepungan kaum Quraisy ketika hendak hijrah ke Madinah.

5. Jabal Rahmah

Jabal Rahmah adalah tempat bertemunya manusia pertama di dunia, yaitu Nabi Adam AS dan Siti Hawa setelah keduanya terpisah saat turun dari syurga. Selain itu tempat ini adalah tempat turunnya wahyu yang terakhir pada Nabi Muhammad SAW, yaitu surat Al-Maidah ayat 3.

6. Jabal Uhud

Jabal Uhud yang jaraknya berada kurang lebih 5km dari Madinah. Dibukit inilah terjadi perang Uhud dimana para syuhada gugur sebanyak 70 orang diantaranya terdapat Hamzah bin Abdul Muthalib, yaitu paman Nabi Muhammad SAW . kecintaanya Rassulullah pada syuhada Uhud membuat beliau menziarahinya hampir setiap tahun.

7. Makam Baqi

Makam Baqi adalah tanah kuburan untuk penduduk sejak zaman jahiliyah sampai sekarang. Bagi jamaah Haji yang meninggal pada saat melakukan ibadah haji di madinah dimakamkan di Baqi’. Letaknya di sebelah timur masjid nabawi dan disini lah makam Utsman bin Affan RA, para istri Nabi, Putra dan Putrinya, dan para sahabat dimakamkan.

8. Masjid Qiblatain

Masjid Qiblatain yang berarti Masjid berkiblat 2, nama tersebut diciptakan karena pada masa permulaan islam, kaum muslimin melakukan sholat dengan menghadap kiblat Baitul Maqdis di Yerusalem, Palestina. Pada tahun ke-2 H bulan Rajab Nabi Muhammad SAW melakukan Sholat di Dzuhur di masjid ini, dan tiba-tiba turun wahyu yaitu surat Al-Baqarah ayat 144 yang memerintahkan agar kiblat Sholat diubah kearah Kabah Masjidil Haram, Mekah.


Who's Behind The Blog
Recommanded Reading
Search By Tags
No tags yet.
Follow "THIS JUST IN"
  • Facebook Basic Black
  • Twitter Basic Black
  • Google+ Basic Black
bottom of page