top of page

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DIGITAL MENURUT ISLAM


Sudah bukan rahasia lagi bahwa nampak di tempat umum semua orang sibuk dengan gadget-nya masing-masing. Kemajuan IPTEK terutama dikhususkan pada teknologi saat ini sangat pesat dan tidak terbendung, banyak hal kontroversial seiring dengan ini karena adanya perubahan aktivitas sehari-hari dari berbagai generasi yang cenderung beralih dari konvensional menjadi digital. Terlepas dari semua penggunaan teknologi digital yang tidak semestinya, ada banyak yang dapat kita manfaatkan untuk kepentingan yang positif, salah satunya untuk kepentingan ibadah.

Sangat berbeda dengan pandangan dunia Barat yang menjadikan dasar pengembangan Ipteknya hanya untuk kepentingan duniawi yang sangat memandang keuntungan finansial dan sekular, maka Islam mementingkan pengembangan dan penguasaan Teknologi Komunikasi dan Teknologi Informasi (IPTEK) untuk menjadi sarana ibadah- atau dapat dikatakan pengabdian Muslim kepada Allah swt dan mengembang amanat Khalifatullah (wakil/mandataris Allah) di muka bumi untuk berkhidmat kepada kemanusiaan dan menyebarkan rahmat bagi seluruh alam (Rahmatan lil ’Alamin). Diketahui ada lebih dari 800 ayat dalam Al-Quran yang mementingkan proses perenungan, pemikiran dan pengamatan terhadap berbagai gejala –gejala yang terjadi di alam, untuk ditafakuri dan menjadi bahan dzikir (ingat) kepada Allah. Yang paling terkenal adalah ayat: “Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau ciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.” (QS Ali Imron [3] : 190-191. “Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang beriman dan berilmu pengetahuan beberapa derajat.” (QS. Mujadillah [58]: 11 . Kemajuan teknologi yang dimaksudkan di sini dikhususkan kepada teknologi digital yang mempermudah dan memandu seorang muslim dalam menjalankan berbagai macam ibadah baik yang wajib maupun shunnah. Penerapan teknologi digital ini sangat terasa manfaatnya dalam melaksanakan ibadah haji/umroh.

Itulah beberapa contoh manfaat teknologi digital untuk keperluan ibadah utamanya haji/umroh. Banyak hal yang dapat dimanfaatkan melalui kemajuan teknologi digital untuk kebaikan, asal tetap selalu ingat bahwa setiap kegiatan kita adalah karena Allah SWT Ta’ala. Untuk menyempurnakan ibadah haji/umroh Anda, pastikan Anda memilih Travel Umrah dan Haji yang tepat, Travel Umroh terbaik adalah yang mampu memberikan fasilitas yang sesuai dan layak untuk kenyamanan selama beribadah haji/umroh, mulai lah dengan menghubungi Travel Umroh Jakarta yang tepat untuk merencanakan paket travel yang sesuai keinginan Anda.


Who's Behind The Blog
Recommanded Reading
Search By Tags
No tags yet.
Follow "THIS JUST IN"
  • Facebook Basic Black
  • Twitter Basic Black
  • Google+ Basic Black
bottom of page