top of page

Hal yang harus anda pikirkan sebelum menjadi Programmer

Jika anda adalah mahsiswa IT tingkat akhir dan anda ingin berkerja dibidang programmer maka ada hal-hal tentang menjadi seorang programmer, selain anda harus mengetahui tentang apa itu programmer ada lagi hal yang anda harus tahu terlebih dahulu.

Yang harus anda perhatikan saat anda ingin menjadi seorang programmer di Indonesia adalah

  1. Siap dikejar-kejar deadline

Menjadi seorang programmer akan selalu mendengar “sudah sampai mana?” “sudah selesai programnya?” anda harus siap bekerja extra agar program anda cepat selesai dan mengerjakan program bukanlah hal yang mudah, terkadang client meminta deadline untuk program yang tidak masuk akal yang mengharuskan programmer untuk bekerja 24jam didepan komputer untuk mengejar deadline dari client.

  1. Terus belajar

Menjadi programmer juga harus belajar setiap hari, anda tidak hanya belajar tentang programmer saja, tetapi anda harus mempelajari apapun yang diminta client, contohnya anda membuat program tentang bank, maka anda harus mempelajari perbankan, penjuaan, anda harus berfikir sebagai penjual, jadi programmer bukan hanya belajar tentang program saja.

  1. Kurang bersosialisasi

Menjadi seorang programmer selalu bertemu dengan laptop/komputer, selalu berhubungan dengan coding-coding jadi untuk memiliki jiwa yang social agak susah, karena anda akan lebih banyak menghabiskan waktu bersama komputer dan tidak banyak waktu untuk bersosialisasi dengan orang lain.

  1. Gaji yang tidak sesuai

Membahas gaji programmer di indoesia berbeda jauh dengan programmer di luar negeri, di Indonesia hanya 10% dari gaji programmer di luar negeri, gaji programmer di Indonesia sekitar 3,7jt/bulan atau 4jt/bulan untuk 0-5 tahun pengalaman kerja, pekerjaan sebagai programmer yang sering begadang dan selalu dikejar deadline gaji tersebut bisa dibilang kurang sesuai dibandingkan pekerjaanya.

  1. Pintar bermain Logika

Dunia Programming itu tidak jauh-jau dari dunia sains dan matematika, Jadi siapkan diri untuk berkreasi dengan otak kalian untuk otak-atik logika.

Jika passion anda memang di programmer mungkin 5 hal tersebut tidak akan membuat anda ragu dan khawatir, tetapi bagi mahasiswa tingkat akhir yang mungkin saat ini ingen menjadi seorang programmer secara terpaksa atau ingin coba-coba, mungkin anda harus memikirkan 5 hal tersebut matang-matang sebelum anda masuk di dunia programmer.


Who's Behind The Blog
Recommanded Reading
Search By Tags
No tags yet.
Follow "THIS JUST IN"
  • Facebook Basic Black
  • Twitter Basic Black
  • Google+ Basic Black
bottom of page