top of page

SERBA-SERBI PAKAIAN IHRAM

Kata ihram berasal dari bahasa Arab : أَحْرَمَ يُحْرِمُ إِحْرَامًا yang mengandung arti yang menjadikan ia haram. Misalnya ketika seseorang telah berniat takbiratul ihram maka ia telah berniat dengan sukarela karena Allah mengharamkan apa-apa yang sebelumnya halal, setelah takbiratul ihram.

Contohnya saja, ketika seseorang akan menunaikan Ibadah Sholat. Makan dan minum sebelumnya itu halal untuk dilakukan. Tetapi kalau seseorang telah memulai takbiratul ihram, maka sudah berniat dengan sukarela sepenuh hati karena Allah Ta'ala mengharamkan makan dan minum untuk dilakukannya. Padahal sebelum dia takbiratul ihram, itu adalah halal baginya.

Sejarah pakaian ihram dimulai dari sejak zaman Nabi Ibrahim A.S. Hal tersebut dapat dilihat dari etika berpakaian kaum Zaman Mesopotamia Purba. Namun lebih condong kepada etika cara berpakaian masyarakat Timur Tengah dari Kalangan bangsa Arab, Yahudi khususnya. Oleh karenanya, syari'at cara berpakaian Ihram hanya untuk ketika menunaikan ibadah Haji ataupun Umroh saja, sebagaimana yang telah disabdakan oleh Rasulullah Nabi Muhammad SAW.

Memakai pakaian ihram dengan benar, bersih dan suci dapat mendekatkan seseorang hamba kepada Allah SWT, selain juga akan dapat menghilangkan berbagai penyakit hati. Pakaian ihram untuk pria adalah dua helai kain, tidak terdapat jahitan dan tidak pula dijalin (tidak dicantum). Sehelai dari kain dipakai sebelah bawah untuk menutup aurat, yaitu antara pusar dan lutut, dan sehelai kain lagi dibuat selendang. Kain ini disunatkan berwarna putih. Pakaian ihram untuk perempuan, diharuskan menutup semua anggota badannya kecuali muka dan telapak tangan yang terbuka seperti dalam sholat. Ketika sedang dalam berihram, pria dilarang memakai penutup kaki atau sepatu yang akan menutup jari-jari kaki dan tumit belakang.

Mempraktekkan berihram seperti yang telah disebutkan, dapat dilakukan secara nyata saat haji dan umroh. Pastikan memilih Travel umrah dan haji yang tepat. Pilihlah Travel umroh terbaik dari yang terbaik, yaitu yang memberikan fasilitas yang cukup mendukung dengan biaya umroh yang sesuai. Barakallah.


Who's Behind The Blog
Recommanded Reading
Search By Tags
No tags yet.
Follow "THIS JUST IN"
  • Facebook Basic Black
  • Twitter Basic Black
  • Google+ Basic Black
bottom of page