top of page

KEUTAMAAN MELAKSANAKAN IBADAH UMRAH

Apakah sebenarnya ibadah Umroh itu? Umroh bisa juga disebut sebagai Haji kecil yang dapat di laksanakan kapan saja setiap tahun bahkan boleh dilakukan berulang-ulang. Berbeda dengan Ibadah Haji yang waktu pelaksanaannya di tentukan satu kali dalam satu tahun yakni pada tanggal 8 Dzulhijah. Umroh juga disebut juga dengan haji kecil, karena kegiatan dan pelaksanaannya hampir sama dengan Ibdah Haji, hanya saja soal waktu yang menjadikannya berbeda.

Bukan sesuatu hal yang aneh ketika mayoritas jemaah umroh yang pulang ke tanah air Indonesia dengan membawa oleh-oleh khas Saudi diantaranya air zam-zam (air yang dipercaya sebagai wasilah penyembuh berbagai penyakit), alat shalat, perhiasan, dan tidak ketinggalan kurma pun mereka bawa sebagai cendra mata sanak keluarga.

Nabi Muhammad saw pernah menggambarkan secara langsung manfaat dalam pelaksanaan ibadah umroh. Beliau mengatakan bahwa, “Mereka yang datang untuk melaksanakan ibadah Haji atau Umroh merupakan para tamu Allah, karena mereka semua telah mendatangi rumah-Nya dan memenuhi panggilan-Nya. Oleh karena itulah, Allah SWT akan mengabulkan permintaan mereka.” Selain itu beliau juga mengatakan bahwa, “sekali umroh merupakan penebusan dosa yang dilakukan hingga umroh berikutnya.” Dan yang utama adalah ketika beliau mengatakan, “siapapun yang meninggalkan rumahnya bermaksud melaksanakan haji atau umroh kemudian wafat dalam perjalanan akan langsung masuk surga tanpa pengadilan. Allah berbangga kepada mereka yang melaksanakan Thawaf di Baitullah.”

Disebutkan bahwa umroh yang dilakukan saat Bulan Ramadhan sebanding dengan melaksanakan ibadah Haji. Tapi ada hal penting yang perlu diperhatikan! Walaupun melaksanakan umroh saat Bulan Ramadhan sebanding dengan ibadah Haji, memang yang menjalankan akan mendapatkan pahala seperti halnya melaksanakan ibadah haji. Namun, bukan berarti melaksanakan umroh saat Bulan Ramadhan dapat menggantikan kewajiban ber-Haji yang hukumnya adalah Wajib jika mampu, selama hidup.

Itulah beberapa keutamaan dalam melaksanakan umrah. Yuk, segera rencanakan perjalanan umrah anda ketika segala sesuatunya telah cukup dan siap, termasuk travel pilihan anda. Untuk travel umrah dan haji, pastikan pilih yang terbaik. Travel umrah dan haji yang terbaik adalah yang berkomitmen Ibadah sesuai Al-Qur’an dan Sunnah, sudah berpengalaman lebih dari setidaknya 15 tahun dan mampu memberikan layanan fasilitas yang berkualitas. Untuk perihal biaya umrah, sesuaikan dengan fasilitas yang ditawarkan. Dengan kualitas tur dari travel yang terjamin, travel umroh terbaik, anda akan semakin nyaman dan lancar beribadah dan tentunya akan membuat lebih khusyu’. Dengan begitu, Insya Allah, umrah ataupun haji yang dilakukan Insya Allah mabrur.


Who's Behind The Blog
Recommanded Reading
Search By Tags
No tags yet.
Follow "THIS JUST IN"
  • Facebook Basic Black
  • Twitter Basic Black
  • Google+ Basic Black
bottom of page