top of page

HIKMAH BAGI ANDA YANG MELAKUKAN IBADAH UMRAH (Bag.2)

Banyak yang mengatakan bahwa kalau memang belum mampu untuk melaksanakan ibadah haji ada baiknya melaksanakan umrah terlebih dahulu. Umrah secara bahasa adalah berziarah الزيارة, secara istilah adalah berziarah ke Baitullah untuk melakukan serangkaian ibadah seperti Ihram, Tawaf, Sa’i dan Tahalul. Ibadah umrah biasa disebut Haji Kecil karena rangkaian ibadahnya yang ringkas dan waktunya yang fleksibel. Dengan melaksanakan umroh, sebenarnya banyak hikmah yang dapat dipetik jika dilaksanakan dengan baik dan benar sesuai tuntunan.

Dengan berumrah bisa menjadi sarana mendekatkan diri/ Taqarrabu sehingga sekembali dari tanah suci, hidup akan lebih religius, lebih peduli kepada sesama dan sekitar. Segala rejeki yang diturunkan Allah SWT kepadanya akan dimanfaatkan dengan hati-hati dan untuk kepentingan sosial atau orang banyak. Sedangkan di akhirat, yang bersangkutan Insya Allah akan mendapat ganjaran surga dari Allah SWT.

Jika dilihat dari setiap aktivitas ataupun atribut yang dikenakan selama umrah maka ada juga hikmah-hikmah yang bisa diambil, di antaranya sebagai berikut:

  1. Hikmah pakaian ihram: dengan mengenakannya maka lebih menonjolkan kesederhanaan diri, kesucian hati dan jiwa (dalam kondisi ini warna putih sangat dianjurkan), rendah hati, karena sama sekali tidak ada unsur sombong serta berlebihan.

  2. Hikmah thawaf: dalam melakukan thawaf yang merupakan kegiatan berputar yang melambangkan perputaran alam semesta, juga jumlah putaran yaitu sebanyak 'tujuh' yang melambangkan bilangan 7 hari, 7 lapis langit dan bumi, dan 7 lapis surga dan neraka.

Ka'bah adalah pusat thawaf manusia di dunia sekaligus miniatur bangunan suci Baitul Makmur yang ada di atas langit. Disana puluhan ribu malaikat (sebagian besar riwayat menyebutkan sejumlah 70.000 malaikat) yang berthawaf setiap harinya.

  1. Hikmah wuquf di Arafah: kegiatan ini dapat dijadikan perenungan diri atas segala amal perbuatan manusia, sebuah simulasi digiringnya manusia di padang mahsyar beserta bentuk amalan yang dilakukan selama hidup mereka di dunia, keinsyafan sebagai hamba Allah yang penuh dosa hingga harus dibersihkan, serta sebagai simbol pembebasan belenggu pada manusia.

  2. Hikmah sa'i: sebuah perlambangan kasih sayang seorang ibu pada anaknya. Lewat kegiatan ini, Jama'ah haji akan diingatkan perjuangan Siti Hajar (istri nabi Ibrahim as) ketika mencari air dengan berlari antara bukit Shafa dan Marwah sebanyak 7 kali.

  3. Melempar jumrah: sebuah simbol penentangan dan perlawanan manusia terhadap setan. Melempar jumrah (kerikil) adalah bentuk simbol yang di dalamnya mengingatkan manusia untuk harus melempar (nafsu setan) sejauh-jauhnya dari jiwa mereka.

  4. Miqat: juga penting dalam umroh. Secara harafiah artinya batas, yaitu garis batas antara boleh atau tidak, dan bentuk perintah mulai atau berhenti, yaitu kapan saat mulai mengucapkan niat.

  5. Tahalul: kegiatan mencukur sebagian rambut minimal 3 helai. Proses ini menandakan bahwa pelaksanaan umroh dan haji telah segera berakhir.

Itulah beberapa hikmah dalam melaksanakan umrah. Yuk, segera rencanakan perjalanan umrah anda ketika segala sesuatunya telah cukup dan siap, termasuk travel pilihan anda. Untuk travel umrah dan haji, pastikan pilih yang terbaik. Travel umrah dan haji yang terbaik adalah yang berkomitmen Ibadah sesuai Al-Qur’an dan Sunnah, sudah berpengalaman lebih dari 15 tahun dan mampu memberikan layanan fasilitas yang berkualitas. Untuk perihal biaya umrah, sesuaikan dengan fasilitas yang ditawarkan. Dengan kualitas layanan dari travel yang terjamin, travel umroh terbaik, anda akan semakin nyaman dan lancar beribadah dan tentunya akan membuat lebih khusyu’. Dengan begitu, Insya Allah, umrah ataupun haji yang dilakukan Insya Allah mabrur.


Who's Behind The Blog
Recommanded Reading
Search By Tags
No tags yet.
Follow "THIS JUST IN"
  • Facebook Basic Black
  • Twitter Basic Black
  • Google+ Basic Black
bottom of page