top of page

Macam-macam Tinta Printer Terbaik

Printer terbaik adalah printer yang menghasilkan resolusi warna yang baik dan bagus. Namun tidak hanya tergantung pada sebuah printer. Kualitas dari sebuah wana dalam dokumen atau gambar yang di print di dukung dengan tinta yang berkualitas baik. Sehingga kualitas warna dan gambar pada dokumen juga semakin baik. Namun dalam sebuah tinta printer terdapat beberapa jenis tinta yang bisa di bedakan sesuai dengan fungsi dan kualitasnya.

Berikut jenis-jenis tinta beserta dengan fungsinya:

  • Tinta Printer Pigment Art Paper Ink, merupakan jenis tinta yang cocok untuk digunakan di percetakan skala kecil ataupun besar dengan menggunakan kertas at paper ivory dengan quantity kecil untuk gambar full color.

  • Tinta Printer Dye Base, adalah jenis tinta yang dominan dari bahan air dan dicampur dengan pewarna (colourant) yang bisa menyatu dengan baik. Sehingga kemungkinan bisa mengendap dan mampat pada Printhead Cartidge yang semakin kecil. Tinta printer jenis ini banyak digunakan untuk printer standard karena mampu menghasilkan cetakan yang bagus dengan warna cerah.

  • Tinta Printer Sublimation Ink, merupakan jenis tinta printer water based sublimation yang sering digunakan oleh kebanyakan pengguna infus printer untuk mentransfer gambar hasil print ke media lain seperti printer-printer standard yang digunakan untuk mencetak bahan-bahan sablon, seperti baju kaos, pin, mug, keramik dan beberapa jenis lainnya. Tinta oo diformulasikan dari bahan yang dominan dengan minyak, pewarna, diluent, dan juga zat lainnya sehingga tinta sublim ini mempunyai ketahanan yang jauh lebih baik dibanding tinta pigment. Namun resiko tersumbatnya Printhead lebih besar jika dibandingkan dengan Tinta Pigment.

  • Tinta Printer Eco Solvent, merupakan jenis tinta printer yang memiliki karakteristik seperti tinta solvent hanya saja tinta eco solvent ini sedikit kurang tahan terhadap paparan sinar Ultra violet. Tetapi, jenis tinta ini tidak berbau menyengat dibanding tinta solvent. Oleh sebab itulah tinta Eco Solvent ini banyak digunakan untuk Indoor Printing.

  • Tinta Printer Solvent, merupakan jenis tinta printer yang mempunyai ketahanan paling baik terhadap paparan air ataupun sinar ultraviolet. Karena, tinta solvent ini terbuat dari bahan-bahan khusus seperti cat duco kemudian ditambah dengan bahan-bahan lainnya yang bisa disesuaikan dengan tipe-tipe Printer Outdoor. Jenis tinta ini banyak digunakan untuk mencetak Banner, Billboard, Spanduk, Neonbox, dan beberapa lainnya untuk outdoor printing karena mampu menghasilkan cetak yang lebih awet terhadap Air dan sinar Ultra Violet.

  • Tinta Printer Pigment/Durabrite, merupakan jenis tinta printer yang mempunyai kualitas cetak lebih tajam, pekat dan juga tahan air jika dibandingkan dengan tinta dya base. Jenis tinta ini diformulasinya dari Air, kemudian Diluent, Colorant Pigment, dan juga beberapa bahan lainnya. Hasil cetakan dari tinta ini akan lebih tahan lama pada semua jenis kertas yang digunakan. Kekurangannya, jika tidak digunakan dalam waktu tertentu maka Printhead Cartridgenya akan tersumbat oleh bahan pewarna tinta dan akan menjadi mengering serta mengendap pada nozzle head.


Who's Behind The Blog
Recommanded Reading
Search By Tags
No tags yet.
Follow "THIS JUST IN"
  • Facebook Basic Black
  • Twitter Basic Black
  • Google+ Basic Black
bottom of page