top of page

Mengenal 5 Faktor Kesuburan Wanita


Tingkat kesuburan wanita memang dipengaruhi banyak faktor. Hal tersebut disebabkan karena alat reproduksi wanita termasuk organ-organ yang kompleks dan lebih rumit dariteproduksi pria. Lalu, faktor-faktor apa sajakah yang patut diperhatikan untuk mengetahui kesuburan wanita? Simak hal-hal berikut ini!

1. Usia

Antara usia 20-30 tahun, wanita memiliki tingkat kesuburan yang sangat tinggi. Namun, di atas usia 35, tingkat kesuburan ini mulai menurun. Di atas usia 40 tingkat kesuburan wanita menurun tajam.

2. Merokok

Merokok mengganggu sistem peredaran darah dalam tubuh. Bila jaringan tidak mendapat aliran darah yang cukup, maka seluruh organ tubuh, termasuk organ-organ reproduksi, menjadi tidak sehat. Pada akhirnya, produktivitas ovulasi pun ikut menurun.

3. Obesitas

Bila BMI (body mass index) Anda di atas 25, lemak secara otomatis diubah menjadi hormon. Sayangnya, hormon ekstra yang dihasilkan itu malah mengganggu keseimbangan hormon yang sudah ada di dalam tubuh. Padahal, syarat utama untuk proses pengeluaran sel telur adalah hormon yang seimbang.

4. Diet Terlalu Ketat

Makan teratur sangat bermanfaat untuk kesuburan karena dapat menyeimbangkan kadar gula darah. Kadar gula darah yang rendah akan menghambat penyerapan hormon progesteron. Padahal, hormon ini bermanfaat untuk kelancaran saat kehamilan.

5. Produksi Darah Sangat Sedikit Saat Haid

Jika produksi darah saat haid sangat sedikit, besar kemungkinan Anda adalah pasien sindrom ovarium polikistik. Dampak dari kondisi ini adalah melonjaknya hormon androgen (hormon laki-laki). Gejala lainnya adalah rasa lelah berlebihan, berat badan melonjak drastis, dan keinginan untuk terus ngemil makanan berkadar gula tinggi.


Who's Behind The Blog
Recommanded Reading
Search By Tags
No tags yet.
Follow "THIS JUST IN"
  • Facebook Basic Black
  • Twitter Basic Black
  • Google+ Basic Black
bottom of page