top of page

Lakukan Relaksasi Sebagai Cara Meningkatkan ASI

Salah cara meningkatkan ASI adalah dengan melakukan relaksasi. Ada beberapa teknik relaksasi yang biasa dikenal sebagai teknik pijat relaksasi laktasi atau relaksasi melancarkan ASI. Teknik ini biasanya diajarkan oleh perawat ataupun bidan di rumah sakit. Namun, Anda juga bisa melakukan pijatan relaksasi ini sendiri di rumah dan bisa Anda lakukan kapan saja. Sebaiknya teknik pijat relaksasi laktasi ini sudah mulai dilakukan sejak dini, setidaknya sejak usia kehamilan mulai memasuki bulan ke-3. Berikut adalah langkah-langkah relaksasi pijat laktasi sebagai cara meningkatkan ASI yang bisa Anda lakukan.

Gunakan Massage Oil

Oleskan Massage oil (jika tidak ada, Anda bisa menggunakan olive atau baby oil) pada kedua telapak tangan dan payudara Anda.

Lakukan Gerakan Memutar Pada Payudara

Angkat dan topanglah payudara kanan dengan menggunakan tangan kanan. Lalu, pijatlah menggunakan tiga jari tangan kiri dengan gerakan memutar, mulai dari pangkal payudara menuju areola. Lakukan juga untuk payudara kiri. Praktekkan dengan teratur sebagai cara meningkatkan ASI.

Relaksasi untuk Refleks Kelancaran ASI

Letakkan kelima jari tangan kiri yang sedikit diregangkan di pangkal payudara kanan, lalu pijat dengan gerakan memutar sambil menekan payudara mulai dari pangkal payudara ke daerah areola. Kemudian lanjutkan gerakan ini mulai dari arah samping menuju areola. Gerakan ini akan membantu relaksasi dan membantu meningkatkan ASI.

Gerakan memerah payudara

Letakkan ibu jari tangan kanan dan kiri pada areola di atas puting payudara kanan dan letakkan jari yang lain pada areola di bawah puting susu. Tekan secara bersamaan ke arah dada, kemudian gerakkan ibu jari dan jari tersebut di areola dengan gerakan memutar. Lakukan dengan lembut dan perlahan berulangkali selama 1 menit sebagai cara meningkatkan ASI.

Pemijatan menyeluruh.

Letakkan telapak tangan kanan di atas payudara kanan pada bagian atas areola, dan telapak tangan kiri pada bagian bawah areola. Keempat jari kanan dan kiri bertemu di bagian bawah payudara. Lalu, doronglah kedua telapak tangan secara bersamaan ke arah bawah dengan gerakan memutar tangan. Lakukan pemijatan dengan cara dan gerakan yang sama pada payudara kiri. Lakukan setiap hari agar cara meningkatkan ASI ini semakin efektif.


Who's Behind The Blog
Recommanded Reading
Search By Tags
No tags yet.
Follow "THIS JUST IN"
  • Facebook Basic Black
  • Twitter Basic Black
  • Google+ Basic Black
bottom of page