top of page

5 Langkah Mudah Cara Meningkatkan ASI


Frekuensi Menyusui yang Sering, Sesuai Pemintaan Bayi

Frekuensi menyusui yang sering adalah salah satu cara meningkatkan ASI. Jika memungkinkan, jangan berikan susu formula pada buah hati. Jika dia mengkonsumsi susu formula, dia akan merasa kenyang untuk menyusu pada payudara Anda.

Berikan ASI Pada Buah Hati Sesegera Mungkin Ketika Dia Meminta

Segera susui bayi ketika dia sudah menunjukkan tanda-tanda ingin menyusu. Tanda-tandanya bisa dilihat dari mulutnya yang mengecap-ngecap, bayi memasukkan tangan ke mulut, atau mata dan mulutnya yang terus bergerak.

Jangan Menggunakan Dot dan Empeng

Ketika bayi terlalu sering diberi susu melalui dot, ia akan menjadi bingung puting. Karet dot yang dibuat menyerupai puting memiliki cara kerja yang berbeda dengan payudara. Tanpa perlu disedot, dot sudah bisa mengalirkan susu ke mulut bayi ketika botolnya dimiringkan. Sedangkan puting payudara baru akan mengeluarkan susu ketika mendapatkan rangsangan atau disedot oleh si bayi. Hal inilah yang membuat bayi merasa kebingungan akan mekanisme kerja dari dot dan puting ibu. Jika bayi lebih sering meminum ASI menggunakan dot, ia akan terbiasa dengan mekanisme kerja dari dot dan akan merasa bingung ketika harus meminum ASI dari puting payudara ibu.

Suasana Menyenangkan untuk Menciptakan Kedekatan

Suasana yang menyenangkan dan nyaman akan membantu terciptanya hubungan psikologis yang positif antara ibu dan bayi. Membangun mood positif ini dapat menjadi cara meningkatkan ASI. Sebaiknya Ibu dijauhkan dari ketidaknyamanan psikologis seperti emosi, panik, kecemasan, dan kekhawatiran berlebihan. Semua pihak yang berhubungan dengan ibu seperti suami, dokter, perawat, atau keluarga harus menjauhkan permasalahan tersebut dari ibu dan memberikan semangat yang besar bagi ibu untuk memberikan ASI.

Istirahat di tempat tidur.

Ternyata istirihat di tempat tidur di hari-hari pertama menyusui adalah kunci awal keberhasilan menyusui. Ibu dapat membawa buku atau majalah ataupun tv untuk dibawa ke kamar ibu. Meluangkan waktu untuk memanjakan diri sendiri dan menyusui bayi kapanpun ia inginkan, merupakan cara meningkatkan ASI yang efektif.


Who's Behind The Blog
Recommanded Reading
Search By Tags
No tags yet.
Follow "THIS JUST IN"
  • Facebook Basic Black
  • Twitter Basic Black
  • Google+ Basic Black
bottom of page