top of page

Ingin Hamil Untuk Kedua Kalianya? Perhatikan 4 Hal Berikut Ini

Meskipun Ibu dan pasangan sudah memiliki pengalaman dalam hal kehamilan, kehamilan kedua tetap harus dijalani dengan perencanaan yang matang agar berjalan sesuai dengan harapan. Dalam merencanakan kehamilan kedua ini, ada hal-hal yang harus Anda perhatikan, di antaranya:

Melepas Alat Kontrasepsi

Apabila Anda dan pasangan sudah merencanakan untuk memiliki buah hati lagi, idealnya Anda menghentikan pemakaian alat kontrasepsi beberapa bulan sebelum memutuskan untuk hamil kembali. Hal ini dilakukan untuk menjaga siklus menstruasi agar kembali normal (kecuali pemakaian KB spiral, Anda dapat langsung hamil setelah alat kontrasepsi dilepas). Adapun jika menggunakan alat kontrasepsi dalam bentuk pil dan suntik, Anda memerlukan waktu beberapa bulan untuk dapat hamil kembali. Bila ingin lebih cepat, hormon yang “diganggu” oleh pil/suntik KB dalam rangka menurunkan kesuburan ketika Anda belum ingin hamil, dapat segera dinormalkan lagi dengan bantuan suplemen kesuburan seperti FertilAid for Women yang dapat membantu keseimbangan hormon-hormon kesuburan dan dan lendir serviks yang “dibuat kering” oleh pil/suntik KB dapat dinormalkan lagi dengan bantuan suplemen kesuburan FertileCM yang dapat meningkatkan produksi dan kualitas lendir serviks untuk mengembalikan kesuburan Anda.

Atur Jarak Kehamilan

Rahim Anda sebenarnya sudah siap untuk hamil kembali dalam jangka waktu 3 bulan setelah melahirkan. Namun berdasarkan penelitian, diketahui bahwa jarak yang aman untuk kehamilan selanjutnya adalah 27 hingga 32 bulan setelah melahirkan. Mengatur jarak kehamilan yang aman akan berpeluang besar untuk memiliki bayi yang sehat. Jika Anda sebelumnya melahirkan secara caesar, Anda disarankan untuk berkonsultasi pada dokter terlebih dulu untuk mengatur jarak kehamilan yang tepat.

Persiapkan Kondisi Mental Anak Pertama

Persiapan mental si kakak penting untuk dilakukan agar dia tidak merasa tersisih dengan kehadiran adiknya. Persiapan ini dapat dilakukan oleh Anda dengan menjelaskan secara alami bahwa kehadiran adiknya nanti tidak akan membuat perhatian dan kasih sayang Anda berubah.

Pemeriksaaan Pra-kehamilan

Jika Anda sudah benar-benar siap untuk hamil kembali maka Anda wajib untuk melakukan pemeriksaan sebelum masa kehamilan untuk memastikan kesehatan Anda dalam kondisi yang sehat. Setelah dilakukan pemeriksaan, disarankan untuk melakukan tes ginekolog secara lengkap, termasuk melakukan tes laboratorium.


Who's Behind The Blog
Recommanded Reading
Search By Tags
No tags yet.
Follow "THIS JUST IN"
  • Facebook Basic Black
  • Twitter Basic Black
  • Google+ Basic Black
bottom of page